Social Icons

Monday, December 3, 2012

BAHAYA FLYBACK


Flyback adalah salah satu komponen monitor yang sangat bermampaat untuk menghasilkan tegangan tinggi dan tegangan renda yang dibutuhkan oleh monitor. Flyback sebetulnya adalah trafo tapi trafo untuk tegangan tinggi agar tabung bekerja menghasilkan gambar. namun dalam dunia teknisi flyback ini sangat berbahaya apabila para teknisi tidak tahu cara meng groundkan tegangan yang tesimpan dalam tabung CRT yang berhubungan dengan Flyback walaupun TV sudah dimatian bakan kabel power sudah dilepas dari stop kontak PLN. mengapa flyback sangat berbahaya.?? jawabanya adalah dengan adanya sumber tegangan yang sangat besar yang dihasilka oleh flyback itu sendiri. tengganga yang dihasilkan adalah sekitar 10 KV atau belasan ribu VOLT tegangan listrik, betapa bahayanya bukan.? oleh karena itu sebelum melakukan pengecekan pada TV yang rusak, maka adala baikan m=lakukanlah pengeshortan atau peng groundnan tegangan tabung CRT FlyBack. apabila anda tidak yakin, maka janganlah dilakukan, serahkan saja kepada para teknisi kepercayaan anda. berikut ini tips aman meng groundkan tegangan pada Flyback.

Langkah pertama : yang harus dilakukan adalah mematikan tv kemudian menyediakan kabel atau bisa juga kabel Avo meter kemudian jepitkan pada per atau kabel yang melingkar pada CRT yang menempel pada besi Casis CRT tersebut (ground CRT) seperti yang tampak pada gambar dengan lingkaran merah, selanjutnya ujung kabel yang satu lagi disambungkan ke besi obeng min dengan gagang plastik jangan yang kayu, untuk menghindari loncatan tegangan ke tangan seperti gambar berikut.

Setelah disambung ground CRT dan obeng dengan kabel kemudian masukan obeng tersebut ke kop flyback secara perlahan supaya tidak merusak lapisan pelindung anoda CRT dan supaya tidak terlalu kaget karena dengan pelan-pelan atau sedikit-sedikit memasukannya loncatan tegangan akan sedikit-sedikit pula tidak menghentak dan akan ada bunyi "traak..." pada anoda CRT tersebut menandakan terjadinya pembuangan tegangan dari anoda ke ground CRT.
Didalam kop flyback tersebut ada plat yang masuk ke Anoda CRT, dorong dengan obeng yang masih terhubung dengan ground CRT sampai terlepas kop flybackny

No comments:

Post a Comment