Social Icons

Friday, March 15, 2013

Suara TV mati

Selesai baca-baca dan banyak referensi akhirnya saya akan memberikan beberapa ilmu tentang cara memperbaiki televisi yang tidak keluar suaranya. langkah pertama yang pastinya yaitu pastikan apakah televisi sedang dalam keadaan mute atau tidak, jika tidak maka lakukanlah pengeceken pada mesin.
Dalam sebuah televisi tentunya terdapat rangkaian audio yang fungsinya sebagai penguat suara yang dihasilkan oleh tv tersebut. nah kalau tidak ada suaranya, cek aja di bagian ini, berikut penampakanya :

Nah digambar yang saya lingkari tersebut adalah letak dari blok rangkaian suara, pasti gak jauh disitu kerusakanya. :D

okelah yuk langsung kita cek, tapi sebelumnya anda harus hati2, jangan sampai salah pegang, karena banyak setrum disana, tapi jangan kwatir yang pasti anda harus ekstra hati2.
1. Mengecek loudspeaker, ceklah dengan menggunakan Multimeter yatu pada posisi Ohmmeter, hubungkan kabel proof multimeter dengan kaki speaker, apabila bunyinya ' krek-krek' berarti loudspeakernya masih dalam keadaan baik, Jika tidak berbunyi berarti loudspeakernya rusak dan harus diganti.
  1. Selanjutnya yaitu dengan mengukur tegangan yang masuk pada IC audio, tegangannya  antara 14 - 20 Vdc, Jika tegangan tidak ada berarti ada jalur yang putus dari power suplay ke blok rangkaian suara. untuk mengeceknya anda bisa cek di kutub positif Elco ( 470 uF/25 V atau 470 uF/50 V). komponen yang sering rusak tersebut yaitu Dioda yang menuju tegangan tersebut. 
  2. apabila sumber tegangan ada namun tidak ada suaranya, kemungkinan kerusakan terjadi pada Ic Audio yang sudah rusak ( Tipe IC Audio yang sering digunakan : AN 5265, TDA 2003, TDA 2006, TDA 7075 dan  LA 4285). lakukan penggantian pada ic tersebut. oh ya ada yang lupa,, untuk mengecek ic tersebut rusak atau nggk, tinggal dipegang aja, apabila ic tersebut panasnya berlebihan, kemungkinan ic tersebut konslet danapabila dingin kemungkinan ic tersebut putus sehingga tidak ada arus yang mengalir
nah inilah cara memperbaiki tv yang tidak ada suanya, mudah kan.? silahkan dicoba.. semoga berhasill

5 comments:

  1. ic tv plasma CD 7522 CS dipasang sering jebol?apanya bos

    ReplyDelete
  2. kalo kaki soket speker di pcb nya botak caranya gimana ya gan harus di jumper ke mana
    merek akari ic 20788 kalo ga salah

    ReplyDelete
  3. Jumper dijalur pcbnya gan, pasti ada jalurnya mngarah kemana aja.
    Note : jgn jumper sampai melewati komponen pada rangkaian.

    ReplyDelete
  4. Tv saya suaranya kecil sekali volume gak berpunsi.tv merk China ic utc 2003 sdh tak ganti hasil sama.kira2 apanya?

    ReplyDelete
  5. tv saya ichiko 21 slim ga ada suara saya ganti ic suara tetep aja ga bunyi, eh sekarang malah mati ttal bos, apanya ya. pussiiing... tlg dong pencerahan nya

    ReplyDelete